Minggu, 17 Mei 2015

CARA MUDAH MENYIMPAN ASI AGAR TETAP SEHAT



BAGAIMANA CARA MENYIMPAN ASI YANG BENAR ? 

Banyak dari bunda hamil saat ini yang tidak mempunyai waktu untuk menyusui bayi mereka. Hal ini tentu sangat disayangkan, karena begitu banyak manfaat yang bisa didapat dari menyusui bayi. Tapi, dengan beberapa tips berikut, kita bisa memberikan ASI eksklusif dengan cara memompa dan menyimpan ASI. 


cara menyimpan asi

CARA MENYIMPAN ASI

Untuk tips menyimpan asi yang pertama, bunda harus mempersiapkan beberapa hal. Yang pertama adalah alat untuk memompa ASI. Pilih alat pompa yang baik dan berkualitas tinggi. Akan lebih baik, bila mommy memilih alat yang sudah disetujui dan direkomendasikan oleh dunia medis.

Bunda juga perlu mempersiapkan tempat kedap udara untuk menyimpan ASI yang sudah bunda pompa, sehingga, ASI yang mommy simpan tidak terkontaminasi oleh bakteri. Selain itu, mommy juga perlu mempersiapkan kulkas yang mempunyai freezer dan sistem pendingin yang baik.

Hal ini akan sangat membantu untuk memperpanjang usia ASI yang bunda simpan. Bila bunda sudah mempunyai semua alat yang disebutkan diatas, maka mommy siap untuk menyimpan ASI bunda dengan baik. 

HAL YANG HARUS DPERHATIKAN SAAT MENYIMPAN ASI

 

Untuk menyimpan ASI yang telah bunda pompa, ada beberapa hal yang perlu mommy ketahui. Yang pertama adalah waktu penyimpanan. Untuk ASI ibu yang sudah dipompa hanya bisa disimpan selama beberapa waktu tergantung tempat menyimpan bunda.

Bila bunda menyimpannya di suhu ruangan, maka ASI hanya akan bertahan selama 6 sampai 8 jam. Sementara, jia bunda memasukkannya pada freezer, ASI bisa bertahan selama kurang lebih 2 minggu. Sebelum bunda memasukkan ASI ke dalam freezer, pastikan mommy mendinginkan ASI yang sudah dipompa. Simpan didalam lemari es pada bagian tempat buah dan sayur sampai mendingin, setelah itu, bisa dibekukan dengan dimasukkan dalam freezer.

Pastikan juga bunda memberikan label yang menunjukkan waktu dan tanggal mommy memompa ASI dan menyimpannya. Suhu yang tepat untuk menyimpan ASI didalam freezer adalah kurang dari 5 derajat Celcius. Dengan demikian, maka ASI dapat bertahan lebih lama.

ASI yang sudah disimpan ini juga harus dikonsumsi sekali minum. Jangan menyimpannya lagi setelah bayi bunda meminumnya. Akan tetapi, mommy juga harus tahu, bila ASI disimpan dalam freezer atau dibekukan, maka akan ada beberapa antibodi didalamnya yang rusak.

Sehingga, cara ini bisa dikatakan sebagai cara yang terakhir yang bisa mommy gunakan. Akan lebih baik bila bunda menyusui bayi bunda secara langsung, karena bayi bunda akan mendapatkan nutrisi dan Vitamin yang lebih lengkap.

Demikianlah tata cara untuk menyimpan asi.Semoga artikel diatas dapat membantu bunda yang lagi menyusui.Terima kasih

Sumber :prenagen.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar